Senin, 21 Maret 2016

Formula 1 GP Australia: Nico Rosberg Juara, Rio Haryanto Gagal Finish

Balapan perdana Formula 1 GP Australia berlangsung pada Minggu 20 Maret 2016 di Sirkuit Albert Park, Melbourne-Australia. Pada seri perdana ini juara di rebut oleh Nico Rosberg, pembalap asal Jerman yang mengendarai AMG Mercedes Petronas, ditempat kedua diduduki oleh Lewis Hamilton (Inggris/AMG Mercedes Petronas) dan diposisi ketiga diraih Sebastian Vettel (Jerman/Ferarri).

Foto bersama para raider F1 2016/2017

Hasil kualifikasi GP F1 Australia

Awal balapan posisi terdepan (pole position) diduduki oleh Lewis Hamilton, kedua Nico Rosberg dan ketiga Sebastian Vettel. Pada lap ke-17 terjadi kecelakan yang melibatkan Fernando Alonso dan Esteban Gutierrez, akibatnya kedua raider ini gagal melanjutkan lomba.

Nico Rosberg juara 1 GP Australia, Hamilton ke-2 dan Vettel ke-3

Kecelakan hebat Fernando Alonso, mobilnya hancur untungnya tidak cedera

Rio Haryanto Debut Tapi Gagal Finish
Pembalap Rio Haryanto mencatatkan namanya menjadi orang pertama Indonesia yang berlaga di balapan mobil paling bergengsi Formula 1. Namun sayang pada debutnya ini Rio gagal finish karena mobilnya MRT05 mengalami masalah transmisi mesin pada lap ke-18. Mengawali lomba Rio ada diurutan ke-22, menurut catatan waktunya Rio harusnya berada diposisi ke-21 satu tingkat diatas rekannya Pascal Wehrlein, namun karena terkena penalti akibat bersenggolan dengan Romain Grosjean, Rio terkena penalti dan mengawali lomba dari posisi buncit.

Perkenalan Rio Haryanto dan pembalap lainnya

Rio Haryanto Manor Racing Team

Pada race F1 pertamanya ini posisi Rio sempat melesat diposisi ke-18, namun setelah kecelakan antara Fernando Alonso dan Esteban Gutierrez dan bendera merah pun dikibarkan balapan untuk sementara dihentikan. Pada momen inilah mobil MRT05 Rio mengalami kerusakan driveline (gearbox) yang membuat Rio Haryanto tidak dapat melanjutkan balapan.

Walaupun gagal finis, Rio tetap semangat menatap seri F1 berikutnya. Pada tanggal 3 April 2016 mendatang seri ke-2 akan berlangsung di Bahrain International Circuit, semoga kali ini Rio dapat finis dengan posisi terbaik.

Klasemen sementara Formula 1

Foto via twitter.com/F1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar